Penggunaan Fingerprint untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa

Authors

  • Immatal Fiiazah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Firda Okta Safitri Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Rani Nurul Laili Herzegovina Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.9

Keywords:

Fingerprint, Disiplin, Guru, Siswa

Abstract

Sistem informasi sangat penting bagi dunia pendidikan saat ini, dengan adanya penerapan sistem informasi dalam dunia pendidikan maka akan memberikan dampak positif yaitu dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan. Kedisiplinan merupakan unsur penting dalam lembaga pendidikan. Karena dengan kedisiplinan yang dilakukan oleh guru dan siswa, maka akan menjadikan lembaga pedidikan itu menjadi lebih maju dan berkembang pesat. Salah satu kedisiplinan yang harus dilakukan dalam lembaga pendidikan yaitu mengenai absensi yang dilakukan tepat waktu. Dalam era digital saat ini, ada teknologi yang dapat memudahkan dan mengantisipasi adanya kecurangan dalam absensi yaitu absensi dengan menggunakan sidik jari. Dalam jurnal ini, peniliti mengusung tema administrasi pendidikan yang berjudul Penggunaan Fingerprint untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa di SMAN 3 Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan fingerprint terhadap tingkat kedisiplinan guru dan siswa di SMAN 3 Lumajang. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan penggunaan fingerprint tersebut. Adapun kesimpulan mengenai penelitian ini adalah penggunaan absensi berbasis fingerprint ini memberikan dampak positif yang baik pada peningkatan kedisiplinan guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Fiiazah, I., Safitri , F. O., & Herzegovina, R. N. L. (2021). Penggunaan Fingerprint untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.9

Issue

Section

Articles