Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Discovery Learning pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kerja dan Kantor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.15Keywords:
Modul, Administrasi Umum, Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Dalam penelitian ini dimaksudkan bertujuan untuk mampu menghasilkan sebuah modul, dimana modul tersebut telah teruji validitasnya dan dianggap layak untuk diuji cobakan, kemudian mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat diketahui melalui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen, dimana melalui hasil pretest dan postest. Penelitian ini merupakan modifikasi dari model pengembangan 4D yang mana memuat 4 langkah pengembangan (1) pendefinisian (define) (2) perancangan (Design) (3) pengembangan (develop) (4) penyebaran (Disseminate). Tahapan-tahapan model pengembangan 4D ini, kemudian dilakukannnya analisis data guna mengukur kelayakan dari penggunaan modul yaitu melalui proses validas ahli materi, validasi angket ahli modul, dan respon peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dari kelas eksperimen yang dapat dilihat dari perolehan hasil pretest dan hasil dari postest, yang mana dari hasil pretest ini siswa belum menerapkan modul Administrasi Umum didalam proses pembelajaran, sedangkan untuk hasil postest ini diperoleh dari hasil uji coba produk modul Administrasi Umum. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa modul Administrasi Umum telah memenuhi tujuan dari penelitian dan pengembangan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yuni Purwandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.