Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Yuni Nur Kholifah Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.16

Keywords:

Modul, Teknologi Perkantoran, Guided Inquiry, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian Pengembangan peneliti memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan modul Teknologi Perkantoran berbasis Guided Inquiry, mengetahui tingkat kelayakan modul melalui hasil validasi, dan mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan memodifikasi model penelitian dan pengembangan Dick and Carey terdiri dari 8 langkah yaitu: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik, (4) merumuskan tujuan khusus, (5) mengembangkan butir tes, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar, dan (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan modul dengan kategori sangat valid menurut ahli modul, ahli materi, dan peserte didik pada uji coba kelompok kecil. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dnegan kelas kontrol juga lebih tinggi kenaikan hasil belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Yuni Nur Kholifah. (2021). Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(1), 49–59. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.16

Issue

Section

Articles