Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum
DOI:
https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.13Keywords:
Model Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarAbstract
Berdasarkan hasil dan wawancara dengan guru mata pelajaran Administrasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa guru masih menggunakan metode ceramah. Peneliti memiliki solusi yang dapat diterapkan guru melalui model pembelajaran demonstrasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek 41 peserta didik kelas X APK. Analisis data melalui tahap reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Setiap siklus penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran administrasi umum di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran administrasi umum.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wardatuz Sobri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.