Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum

Authors

  • Wardatuz Sobri Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.13

Keywords:

Model Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil dan wawancara dengan guru mata pelajaran Administrasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa guru masih menggunakan metode ceramah. Peneliti memiliki solusi yang dapat diterapkan guru melalui model pembelajaran demonstrasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek 41 peserta didik kelas X APK. Analisis data melalui tahap reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Setiap siklus penelitian ini terdiri dari  tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran administrasi umum di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran administrasi umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Wardatuz Sobri. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(1), 35–48. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.13

Issue

Section

Articles