Sistem Pencantrikan untuk Meningkatkan Minat Belajar Seni Tari

Authors

  • Wardatuz Sobri Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/idarotuna.v3i2.36

Keywords:

Minat Belajar, Sistem Pencantrikan, Seni Tari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran seni tari dengan menggunakan system pencantrikan dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa IX-A dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 5 Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dibantu oleh alat pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengambil studi literatur, observasi dan wawancara. Proses analisis dimulai dengan menganalisis data dan memilih secara selektif, kemudian data ditampilkan dalam bentuk deskriptif.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar seni tari pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 5 Lumajang. Peningkatan tersebut tampak pada kualitas pada proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh antusias, keaktifan dan keikut sertaan  siswa ketika mengikuti pembelajaran materi pagelaran tari dengan system pencantrikan. Peningkatan pada kualitas hasil dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa pada saat sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan Tindakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Wardatuz Sobri. (2023). Sistem Pencantrikan untuk Meningkatkan Minat Belajar Seni Tari . Idarotuna : Journal of Administrative Science, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v3i2.36

Issue

Section

Articles