Tata Kelola Kelas Melalui Kepemimpinan Guru
DOI:
https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.11Keywords:
Tata Kelola Kelas, Kepemimpinan, GuruAbstract
Dalam meningkatkan suasana kelas yang teratur dan kondusif dalam pembelajaran dibutuhkan Kepemimpinan guru dalam pengelolaan kelas yakni untuk bagian manajemen kelas, guru hendaknya terus meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinannya serta keterampilan manajemen kelas di dalam pembelajaran agar siswa menunjukkan perilaku belajar yang positif dan tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kepemimpinan guru merupakan sebuah proses mengerakkan sekumpulan siswa dalam ruang kelas yang dilakukan oleh guru untuk mengarahkan ke tujuan pembelajaran yang telah ditentukan melalui dorongan motivasi dari guru yang tidak memaksa. Pengelolaan kelas merupakan sebuah perencanaan manajemen yang sangat penting untuk keberlangsungan peroses pembelajaran dalam kelas. Kesuksesan sebuah pemebelajaran modalnya dari pengelolaan kelas yang baik. Untuk perolehan pembelajaran yang maksimal bagi peserta didik dilakukan proses pembelajaran yang efektif dan berkulitas. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif, karena kepemimpinan guru dalam pengelolaan kelas merupakan tindakan di lapangan yang berupa fakta yang nyata. Metode kualitatif ini berupa analisis yang mendeskripsikan fakta kepemimpinan guru dalam pengelolahan kelas dan bersifat induktif yaitu menarik kesimpulan di akhir penelitian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya kepemimpinan guru dalam pengelolahan kelas agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muflikhatul Maghfiroh, Mushlihatul Asrariyah, Ziaulhaq Fathulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.