Tata Kelola Kelas Melalui Kepemimpinan Guru

Authors

  • Muflikhatul Maghfiroh Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Mushlihatul Asrariyah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Ziaulhaq Fathulloh Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin, Indonesia
  • Alfiatus Syafa'ah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Ni'mah Lailatul Mas'adah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Muhammad Abdul Halim Sidiq Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.11

Keywords:

Tata Kelola Kelas, Kepemimpinan, Guru

Abstract

Dalam meningkatkan suasana kelas yang teratur dan kondusif dalam pembelajaran dibutuhkan Kepemimpinan guru dalam pengelolaan kelas yakni untuk bagian  manajemen kelas, guru hendaknya terus meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinannya serta keterampilan manajemen kelas di dalam pembelajaran agar siswa menunjukkan perilaku belajar yang positif dan tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kepemimpinan guru merupakan sebuah proses mengerakkan sekumpulan siswa dalam ruang kelas yang dilakukan oleh guru untuk mengarahkan ke tujuan pembelajaran yang telah ditentukan melalui dorongan motivasi dari guru yang tidak memaksa. Pengelolaan kelas merupakan sebuah perencanaan manajemen yang sangat  penting untuk keberlangsungan peroses pembelajaran dalam kelas. Kesuksesan sebuah pemebelajaran modalnya dari pengelolaan kelas yang baik. Untuk perolehan pembelajaran yang maksimal bagi peserta didik dilakukan proses pembelajaran yang efektif dan berkulitas. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif, karena kepemimpinan guru dalam pengelolaan kelas merupakan tindakan di lapangan yang berupa fakta yang nyata. Metode kualitatif ini berupa analisis yang mendeskripsikan fakta kepemimpinan guru dalam pengelolahan kelas dan bersifat induktif yaitu menarik kesimpulan di akhir penelitian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya kepemimpinan guru dalam pengelolahan kelas agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Maghfiroh, M., Asrariyah, M., Fathulloh, Z., Syafa’ah, A., Lailatul Mas’adah, N., & Abdul Halim Sidiq, M. . (2021). Tata Kelola Kelas Melalui Kepemimpinan Guru. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 95–109. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.11

Issue

Section

Articles