Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan

Authors

  • Rani Nurul Laili Herzegovina Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muhaiminah Darajat Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Ni'mah Lailatul Mas'adah Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Taqwa Nur Ibad Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.14

Keywords:

Aktivitas Belajar, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar

Abstract

Tingkat keberhasilan dalam proses belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi faktor ekstern dan faktor intern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Kearsipan  (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 73 siswa, dengan teknik sampel populasi digunakan sampel sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan: (1) Kondisi aktivitas belajar, kepercayaan diri tergolong kurang baik dan hasil belajar tergolong sangat kurang, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar kearsipan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Rani Nurul Laili Herzegovina, Darajat, M., Lailatul Mas’adah, N., & Nur Ibad, T. (2021). Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(1), 18–34. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i1.14

Issue

Section

Articles